Senin, 27 April 2015

RPP - TEMA KEBERSIHAN TEMATIK KELAS I SEMESTER II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMA KEBERSIHAN
TEMATIK
KELAS I SEMESTER II






Disusun oleh:
Susi Kundarwati
(822460984)

Program Studi PGSD
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Terbuka
UPBJJ - Semarang
Pokjar Wonosalam Kabupaten Demak

2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SDN Sidomulyo 2
Tema                        : Kebersihan
Mata Pelajaran            : IPS
PKn
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : I / 2
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Pelaksanaan                 :Senin,22 April 2013
A.  Standar Kompetensi
3.      IPS
       3.1. Mendeskripsikan lingkungan rumah
2.      PKn
2.1.Menerapkan hak anak dirumah dan disekolah
4.      Bahasa Indonesia
4.1.Memahami wacana lisan tentang deskripsi tentang benda-benda disekitar dan dongeng
5.    Kompetensi Dasar
3.      IPS
3.1. Menceritakan kembali  peristiwa penting yang dialami sendiri dilingkungkan keluarga
2.      PKn
2.1.Melaksanakan hak anak dirumah dan disekolah
4.      Bahasa Indonesia
4.1. Mengulang deskripsi tentang benda-benda disekitar
6.    Indikator
1.IPS
1.1.Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain
2. PKn
2.1.Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan dirumah atau disekolah
3. Bahasa Indonesia
3.1.Memperhatikan benda yang diperlihatkan guru dan mengulang atau meniru deskripsi benda yang diucapkan guru
7.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.       Menceritakan peristiwa yang pernah dialami
2.      Menceritakan kegiatan yang yang dilakukan dirumah atau sekolah
3.      Mendeskripsikan benda-benda sesuai penjelasan guru
4.      Menentukan nama benda yang telah dideskripsikan
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
8.    Mater Ajar
1.      IPS
         Menjaga kebersihan rumah
Setiap hari Dewi bangun pagi.Dewi langsung merapikan dan membersihkan tempat tidur.Dewi membuka jendela agar sinar matahari masuk ke kamar.                                                                                                                                                                                      
2.      PKn
Hak-hak anak:
Hak mendapat kasih sayang
Hak bermain
Hak belajar
Hak didengar
3.      Bahasa Indonesia
Jasa seekor kerbau
Pak Syukur mempunyai seekor kerbau
Kerbau pak syukur gemuk dan kuat
Dipakai membajak sawah
Sawah dibajak menjadi gembur
Tanaman padi menjadi subur kerbau itu telah banyak berjasa

9.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab
3.    Pemberian tugas
10.              Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Waktu
Peserta Didik
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi
1.    Guru mengkondisikan kelas, kemudian berdoa bersama
2.    Guru mengisi daftar hadir
3.    Guru mengkondisikan siswa agar siswa siap untuk mengikuti pelajaran.
15 menit


Klasikal

Klasikal
Klasikal
2.
Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
1.    Guru menjelaskan perilaku menjaga lingkungan beserta alat yang digunakan untuk membersihkan lingkungan
2.    Guru menyebutkan tingkah laku yang baik di lingkungan masyarakat
3.    Guru membacakan dongeng sebelum tidur
4.    Guru memberikan soal
b.   Elaborasi
1.    Siswa menyebutkan 1 kegiatan membersihkan lingkungan dan alat yang digunakan secara bergantian
2.    Siswa menyebutkan 1 kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan masyarakat
3.    Siswa  menyebutkan 1contoh alat-alat kebersihan secara bergantian
4.    Guru mengkoreksi hasil kerja siswa
45 menit


Klasikal

Klasikal


Individu

Klasikal

Klasikal


Klasikal
Klasikal
3.
Kegiatan Akhir(10 menit)
1.    Memberi motivasi kepada peserta didik untuk meningkatkan belajar
2.    Guru bersama peserta didik berdoa menurut kepercayaan masing-masing
10 menit

Klasikal

Klasikal

11.              Sumber/Bahan Belajar
1.    Alat Peraga
11.1.             Gambar alat-alat kebersihan
11.2.             Gambar lingkungan sehat
2.    Sumber Pembelajaran
a.    Buku panduan IPS hal 86-94
b.    Buku panduan PKn hal 41-49
c.    Buku panduan Bahasa Indonesia hal 93-98
12.              Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
1.        Jenis tes
a.       Tes tulisan,dilakukan di akhir pembelajaran
b.      Tes lisan,di awal dan diakhir pembelajaran
c.       Tes kinerja,pada saat pembelajaran berlangsung
Tugas Individu
Isian
 Tentukan nilai tempat dari 205!
2.      Prosedur  tes
a.       Tes awal : ada
b.      Tes dalam proses: ada
c.       Tes akhir: ada
Tugas Individu
Tanya jawab
§ Contohkan 2 sikap tolong menolong kepada teman disekolah!

Individu
Perbuatan
§ Praktikkan cara memelihara benda penting yaitu buku!

Lembar Kerja Siswa
Mata Pelajaran           : IPS,PKn,Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :I/2
Indikator
1.     IPS
1.1.Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain
2.     PKn
2.1.Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan dirumah atau disekolah
3.     Bahasa Indonesia
3.1.Memperhatikan benda yang didaskripsikan guru dan mengulang benda yang diucapkan guru
 

Soal Evaluasi
Berilah tanda silang (x)a,b atau c pada jawaban benar
1.       Ciri-ciri rumah sehat antara lain.....
a.       Bersih
b.      Kotor
c.       Kumuh
2.       Sebelum kalian tidur biasanya ibu membacakan....
a.       Koran
b.      Komik
c.       Dongeng
3.       Sesuatu yang kita terima adalah
a.       Kewajiban
b.      Hak
c.       Upah
4.       Lingkungan rumah yang kotor akan memb










Kunci Jawaban

1.      Di beri sampul dan sering dibaca
2.      Sikap tolong menolong dalam sekolah yaitu menolong sesama teman apabila tidak membawa pensil. Tolong menolong aabila teman terjatuh saat berlari.
3.      205 yaitu 5 nilai tempatnya satuan, 0 nilai tempatnya puluhan dan 2 nilai tempatnya ratusan
4.      109
5.      Seratus tujuh puluh lima


PEMETAAN MATERI TEMATIK
TEMA                                    : SEHARI-HARI
KELAS/SEMESTER           : II/2

Pert
Ke-
Mapel
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
3.    Matematika
1.    Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500
3.1.  Membandingkan bilangan sampai 500
3.2.  Menetukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan
1.    Menentukan nilai tempat sampai ratusan
2.    Membaca dan menulisa lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
2.    IPS
1.    Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
2.1.  Memanfaatkan dokumna dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
1.    Cara memelihara  dokumen koleksi dan benda penting keluarga
1.    PKn
1.    Membiasakan hidup bergotong royong
1.1.  Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
1.    Memberikan contoh tolong menolong dan saling berbagi rasa, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat






SKENARIO PEMBELAJARAN
TEMA                           :SEHARI-HARI
KELAS/SEMESTER  : II/2

No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.
Guru mengawali pembelajaran dengan berdo’a,mengisi daftar hadir,menyiapkan materi,menyapa murid.

“Siapa yang sebelum berangkat berpamitan dan salaman kapada orang tua?”

“Dapat uang saku berapa dari orang tua?”
Beberapa siswa mengacungkan tangan sambil menjawab pertanyaan.


“saya,,,,,,saya,,,,,Bu...!”



“tadi dikasih uang  jajan Rp1000,-“
2.
Selanjutnya guru menunjukan gambar seorang anak sedang salaman dan berpamitan kepada orang tua.

“Gambar apa yang kalian amati?”
Siswa menjawab

“Seorang anak sedang berpamitan dan salaman dengan orang tua”.
3.
Memberikan contoh berpamitan yang baik kepada orang tua.

4.
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai kegiatan dirumah yang dilakukan bersama orang tua sehari-hari.

“Uang  jajan kalian untuk beli apa?”
Siswa menjawab
“Nonton TV bersama”
“Makan bersama”


“untuk beli permen 5 biji harganya satu biji Rp100,jadi kalau 5 biji Rp500.masih 500 saya belikan minum.jadi uang saya habis Bu,,,,,,,!”
5.
Guru melakukan pengamatan terhadap perilaku yang ditunjukan siswa.

6.
Selanjutnya guru memberikan tugas tertulis kepada siswa mengenai perilaku sopan santun.

7.
Guru mengoreksi hasil karja siswa.
8.
Kemidian guru memberikan penilain

9.
Membenarkan jawaban siswa yang kurang tepat.
10.
Memberikan kesekpatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.

11.
Memberikan kesimpulan&motifasi.
12.
Guru menutup pelajaran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar