RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMA KEBERSIHAN
TEMATIK
KELAS
I SEMESTER II
Disusun
oleh:
Susi
Kundarwati
(822460984)
Program
Studi PGSD
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Terbuka
UPBJJ - Semarang
Pokjar
Wonosalam Kabupaten Demak
2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN Sidomulyo 2
Tema : Kebersihan
Mata
Pelajaran : IPS
PKn
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1 x
pertemuan)
Pelaksanaan :Senin,22 April 2013
|
A. Standar Kompetensi
3.
IPS
3.1.
Mendeskripsikan lingkungan rumah
2. PKn
2.1.Menerapkan hak
anak dirumah dan disekolah
4. Bahasa Indonesia
4.1.Memahami wacana
lisan tentang deskripsi tentang benda-benda disekitar dan dongeng
5.
Kompetensi
Dasar
3.
IPS
3.1. Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri
dilingkungkan keluarga
2.
PKn
2.1.Melaksanakan hak anak dirumah dan disekolah
4.
Bahasa Indonesia
4.1. Mengulang deskripsi
tentang benda-benda disekitar
6.
Indikator
1.IPS
1.1.Menyebutkan peristiwa
yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain
2. PKn
2.1.Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang
dapat dilakukan dirumah atau disekolah
3. Bahasa Indonesia
3.1.Memperhatikan benda yang diperlihatkan guru dan
mengulang atau meniru deskripsi benda yang diucapkan guru
7.
Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
1. Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami
2. Menceritakan kegiatan yang yang dilakukan dirumah atau
sekolah
3. Mendeskripsikan benda-benda sesuai penjelasan guru
4. Menentukan nama benda yang telah dideskripsikan
v Karakter siswa
yang diharapkan: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
8.
Mater Ajar
1.
IPS
Menjaga kebersihan rumah
Setiap hari Dewi bangun pagi.Dewi langsung merapikan dan
membersihkan tempat tidur.Dewi membuka jendela agar sinar matahari masuk ke
kamar.
2.
PKn
Hak-hak anak:
Hak mendapat kasih sayang
Hak bermain
Hak belajar
Hak didengar
3.
Bahasa Indonesia
Jasa seekor kerbau
Pak Syukur mempunyai seekor kerbau
Kerbau pak syukur gemuk dan kuat
Dipakai membajak sawah
Sawah dibajak menjadi gembur
Tanaman padi menjadi subur kerbau itu telah banyak
berjasa
9.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3. Pemberian
tugas
10.
Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Waktu
|
Peserta
Didik
|
||
1.
|
Kegiatan
Awal
Apersepsi
1. Guru
mengkondisikan kelas, kemudian berdoa bersama
2. Guru
mengisi daftar hadir
3. Guru
mengkondisikan siswa agar siswa siap untuk mengikuti pelajaran.
|
15
menit
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi
1. Guru
menjelaskan perilaku menjaga
lingkungan beserta alat yang digunakan untuk membersihkan lingkungan
2. Guru menyebutkan tingkah laku yang baik di lingkungan
masyarakat
3. Guru membacakan dongeng sebelum tidur
4. Guru memberikan soal
b.
Elaborasi
1. Siswa menyebutkan 1 kegiatan membersihkan lingkungan
dan alat yang digunakan secara bergantian
2. Siswa menyebutkan 1 kegiatan yang dilaksanakan di
lingkungan masyarakat
3. Siswa menyebutkan
1contoh alat-alat kebersihan secara bergantian
4. Guru mengkoreksi hasil kerja siswa
|
45 menit
|
Klasikal
Klasikal
Individu
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
3.
|
Kegiatan
Akhir(10 menit)
1. Memberi motivasi kepada peserta didik untuk
meningkatkan belajar
2. Guru bersama peserta didik berdoa menurut kepercayaan
masing-masing
|
10 menit
|
Klasikal
Klasikal
|
11.
Sumber/Bahan Belajar
1.
Alat Peraga
11.1.
Gambar alat-alat kebersihan
11.2.
Gambar lingkungan sehat
2.
Sumber Pembelajaran
a.
Buku panduan IPS hal 86-94
b.
Buku panduan PKn hal
41-49
c.
Buku panduan Bahasa
Indonesia hal 93-98
12.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
1.
Jenis tes
a.
Tes tulisan,dilakukan
di akhir pembelajaran
b.
Tes lisan,di awal dan
diakhir pembelajaran
c.
Tes kinerja,pada saat
pembelajaran berlangsung
|
Tugas
Individu
|
Isian
|
Tentukan nilai tempat dari 205!
|
2.
Prosedur tes
a.
Tes awal : ada
b.
Tes dalam proses: ada
c.
Tes akhir: ada
|
Tugas
Individu
|
Tanya jawab
|
§ Contohkan 2 sikap tolong menolong kepada teman
disekolah!
|
Individu
|
Perbuatan
|
§ Praktikkan cara memelihara benda penting yaitu buku!
|
Lembar
Kerja Siswa
Mata
Pelajaran : IPS,PKn,Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :I/2
Indikator
1. IPS
1.1.Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan
cerita orang tua atau orang lain
2. PKn
2.1.Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang
dapat dilakukan dirumah atau disekolah
3. Bahasa Indonesia
3.1.Memperhatikan benda
yang didaskripsikan guru dan mengulang benda yang diucapkan guru
Soal Evaluasi
Berilah tanda
silang (x)a,b atau c pada jawaban benar
1.
Ciri-ciri
rumah sehat antara lain.....
a.
Bersih
b.
Kotor
c.
Kumuh
2.
Sebelum
kalian tidur biasanya ibu membacakan....
a.
Koran
b.
Komik
c.
Dongeng
3.
Sesuatu
yang kita terima adalah
a.
Kewajiban
b.
Hak
c.
Upah
4.
Lingkungan
rumah yang kotor akan memb
Kunci Jawaban
1.
Di beri sampul dan sering dibaca
2.
Sikap tolong menolong dalam sekolah yaitu menolong sesama
teman apabila tidak membawa pensil. Tolong menolong aabila teman terjatuh saat
berlari.
3.
205 yaitu 5 nilai tempatnya satuan, 0 nilai tempatnya
puluhan dan 2 nilai tempatnya ratusan
4.
109
5.
Seratus tujuh puluh lima
PEMETAAN MATERI TEMATIK
TEMA :
SEHARI-HARI
KELAS/SEMESTER : II/2
Pert
Ke-
|
Mapel
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1
|
3. Matematika
|
1.
Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500
|
3.1.
Membandingkan bilangan sampai 500
3.2.
Menetukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan
|
1.
Menentukan nilai tempat sampai ratusan
2.
Membaca dan menulisa lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
|
2. IPS
|
1.
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
|
2.1.
Memanfaatkan dokumna dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
|
1. Cara memelihara
dokumen koleksi dan benda penting keluarga
|
|
1. PKn
|
1.
Membiasakan hidup bergotong royong
|
1.1.
Menampilkan pola irama dan
melodi sederhana
|
1. Memberikan contoh tolong menolong dan saling berbagi
rasa, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
TEMA :SEHARI-HARI
KELAS/SEMESTER : II/2
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
|
Guru mengawali pembelajaran dengan berdo’a,mengisi
daftar hadir,menyiapkan materi,menyapa murid.
“Siapa yang sebelum berangkat berpamitan dan salaman
kapada orang tua?”
“Dapat uang saku berapa dari orang tua?”
|
Beberapa
siswa mengacungkan tangan sambil menjawab pertanyaan.
“saya,,,,,,saya,,,,,Bu...!”
“tadi
dikasih uang jajan Rp1000,-“
|
2.
|
Selanjutnya guru menunjukan gambar seorang anak sedang
salaman dan berpamitan kepada orang tua.
“Gambar apa yang kalian amati?”
|
Siswa
menjawab
“Seorang
anak sedang berpamitan dan salaman dengan orang tua”.
|
3.
|
Memberikan contoh berpamitan yang baik kepada orang
tua.
|
|
4.
|
Guru
mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai kegiatan dirumah yang dilakukan
bersama orang tua sehari-hari.
“Uang jajan kalian untuk beli apa?”
|
Siswa
menjawab
“Nonton TV
bersama”
“Makan
bersama”
“untuk
beli permen 5 biji harganya satu biji Rp100,jadi kalau 5 biji Rp500.masih 500
saya belikan minum.jadi uang saya habis Bu,,,,,,,!”
|
5.
|
Guru melakukan pengamatan terhadap perilaku yang
ditunjukan siswa.
|
|
6.
|
Selanjutnya guru memberikan tugas tertulis kepada siswa
mengenai perilaku sopan santun.
|
|
7.
|
Guru
mengoreksi hasil karja siswa.
|
|
8.
|
Kemidian
guru memberikan penilain
|
|
9.
|
Membenarkan
jawaban siswa yang kurang tepat.
|
|
10.
|
Memberikan
kesekpatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
|
|
11.
|
Memberikan
kesimpulan&motifasi.
|
|
12.
|
Guru
menutup pelajaran.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar