RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMATIK
TEMA
LINGKUNGAN
KELAS
I SEMESTER 2
Disusun
oleh:
Lintang
Ndaru Pramesty
(822460938)
Program
Studi PGSD
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Terbuka
UPBJJ - Semarang
Pokjar
Wonosalam Kabupaten Demak
2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri Pilangrejo
01
Tema : Lingkungan
Mata Pelajaran : Matematika
IPA / SAINS
SBK
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Pelaksanaan :Sabtu, 2 Maret 2013
|
![](file:///C:/Users/mimin/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.gif)
A. Standar Kompetensi
2. IPA/ Sains
1.
Mengenal
berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Matematika
1.
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua
angka.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan
1.
Mengapresiasi
karya seni musik.
B. Kompetensi Dasar
2.
IPA :
2.1.
Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak (bateri, per/pegas, dorongan
tangan, dan magnet).
4.
Matematika
:
4.1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan :
6.1. Menampilkan
pola irama dan melodi sederhana.
C. Indikator
1. Menyebutkan
2 alat rumah tangga yang tidak menggunakan
energi listrik.
2. Mengurangkan
bilangan 2 angka dengan 1 angka secara
bersusun pendek.
3. Menunjukkan
kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
D. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
1. Menyebutkan
2 alat yang tidak menggunakan energi listrik.
2. Mengurangi
bilangan 2 angka dengan 1 angka cara
bersusun pendek.
3. Menunjukkan
kesesuaian gerakan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
4. Menunjukkan
kesesuaian tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
v Karakter siswa yang diharapkan
o Disiplin ( Discipline )
o Tekun ( diligence )
o Tanggung jawab ( responsibility )
E. Materi
Ajar
1.
Mengenal
bangun datar
2.
Menjaga
kebersihan rumah
3.
Unsur
gerak tari.
F.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Pemberian tugas
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Waktu
|
Peserta
Didik
|
||
1.
|
Kegiatan
Awal
Apersepsi
1. Guru
mengkondisikan kelas, kemudian berdoa bersama
2. Guru
mengisi daftar hadir
3. Guru
mengkondisikan siswa agar siswa siap untuk mengikuti pelajaran.
|
15
menit
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi
1. Guru
menyebutkan benda yang tidak menggunakan listrik beserta jumlahnya
2. Guru memberi contoh menghitung pengurangan dengan objek
alat yang tidak menggunakan energi listrik
b.
Elaborasi
1. Menyebutkan alat-alat yang tidak menggunakan energi
listrik
2. Memberi tugas kepada peserta didik untuk mencoba
menghitung pengurangan secara bersusun pendek
3. Mengkoreksi hasil kerja siswa
c.
Konfirmasi
1. Guru mengkoreksi jawaban yang salah
2. Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
|
45 menit
|
Klasikal
Klasikal
Individu
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
1. Memberi motivasi kepada peserta didik untuk
meningkatkan belajar
2. Guru bersama peserta didik berdoa menurut kepercayaan masing-masing
|
10 menit
|
Klasikal
Klasikal
|
H.
Sumber/Bahan Belajar
a. Alat peraga
1)
Gambar
alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
2)
Gambar
alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
3)
Teks
lagu ”Bangun Tidur”
b. Sumber Pembelajaran
1)
Buku
Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
2)
Buku
Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
3)
Buku
Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
I.
Penilaian
1.
Jenis Tes
a.
Tes tulisan, dilakukan di akhir
pembelajaran
b.
Tes lisan, diawal dan akhir pembelajaran
c.
Tes kinerja, pada saat
pembelajaran berlangsung
2.
Prosedur Tes
a.
Tes awal : ada
b.
Tes dalam proses : ada
c.
Tes akhir : ada
3. Contoh
Instrument/Soal
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
2.1.
Menyebutkan alat-alat rumah
tangga yang tidak menggunakan energi listrik
|
Tugas
Individu
|
Tanya jawab
|
§ Sebutkan alat yang digunakan sehari-hari yang tidak
menggunakan energi listrik 2 saja!
|
4.1.
Mengurangkan bilangan 2 angka
dengan 1 angka cara bersusun pendek.
|
Tugas
Individu
|
Isian
|
§ Berapa
hasil dari
a.
12 gayung – 6 gayung =
b.
14 sikat gigi – 3 sikat gigi =
|
6.1.Menunjukkan
kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan
|
Individu
|
Perbuatan
|
§ Coba ikuti ibu guru bernyanyi sambil tepuk-tepuk sesuai
irama!
|
DAFTAR HADIR SISWA KELAS I
SD NEGERI PILANGREJO 01
No.
|
Nama
|
L/P
|
Absensi
|
Ket
|
||
S
|
I
|
A
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
||||||
35
|
||||||
36
|
||||||
37
|
||||||
38
|
||||||
39
|
||||||
40
|
||||||
41
|
||||||
42
|
||||||
43
|
||||||
44
|
Lembar
Kerja Siswa
Mata Pelajaran :
Matematik, IPA, SBK
Kelas/Semester :I/2
Indikator
· Mengurangkan bilangan 2 angka
dengan 1 angka cara bersusun pendek.
· Menyebutkan 2 alat rumah tangga yang tidak
menggunakan energi listrik
· Menunjukkan kesesuaian gerakan
dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
![](file:///C:/Users/mimin/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image013.gif)
1. Berapa
hasil pengurangan dari
a. 12 gayung – 6
gayung =
b. 14 sikat gigi – 3 sikat gigi =
2.
Sebutkan
alat yang digunakan sehari-hari yang tidak menggunakan energi listrik 2 saja!
3.
Coba
ikuti ibu guru bernyanyi sambil tepuk-tepuk sesuai irama!
Kunci Jawaban
1. a. 12 gayung
6 gayung -
![](file:///C:/Users/mimin/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.gif)
b. 14 sikat gigi
![](file:///C:/Users/mimin/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image015.gif)
11 sikat gigi
2. sapu, sendok, garpu, kursi, meja, dll.
3. Lagu “Bangun Tidur”
PEMETAAN MATERI TEMATIK
TEMA :
LINGKUNGAN
KELAS/SEMESTER : I/2
Pert
Ke-
|
Mapel
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1
|
2. IPA/Sains
|
2.
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan
|
2.1.
Mengidentifikasi penyebab benda
bergerak (baterai, per/pegas, dorongan tangan dan magnet)
|
1.
Menyebutkan alat-alat rumah
tangga yang tidak menggunakan energi listrik
|
4. Matematika
|
4.
Melakukan penjumlahan dan
pengurangan sampai dengan 2 angka
|
4.1.
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan 2 angka
|
1. Mengurangkan
2 angka dengan 1 angka secara besusun pendek
|
|
6. SBK
|
6.
Menginspirasi karya seni musik
|
6.1.
Menampilkan pola irama dan
melodi sederhana
|
1. Menunjukkan
gerakan dan tepukan rangkaian bunyi yang diperagakan
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
TEMA :LINGKUNGAN
KELAS/SEMESTER : I/2
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
|
Guru
mengawali pembelajaran dengan pertanyaan tentang keadaan siswa, “Hari ini
siapa yang sehat dan sudah srapan pagi?”
Guru
bertanya kepada siswa”Siapa yang suka menyanyi?”
“Siapa yang
dapat menyanyikan lagu Bangun Tidur?”
Kemudian
guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Bangun
Tidur”
Bangun Tidur
Bangun tidur k uterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi ku tolong ibu
Membersihkan tempat tidurku
|
“Saya, saya sudah sarapan pagi”
Beberapa siswa mengacungkan tangan
sambil menjawab, “Saya suka”
“Saya bisa”
“Saya belum bisa”
|
2.
|
Selanjutnya
guru menunjukkan gambar seseorang sedang mandi den mengajukan pertanyaan.
(Gambar)
“Gambar apa
yang kalian amati?”
|
Siawa menjawab
“Gambar orang sedang mandi”
|
3.
|
“Apa yang
digunakan Dino untuk mandi?”
|
“Gayung,
sabun mandi, sikat gigi”
|
4.
|
Guru mengajukan petanyaan tentang benda
yang bergerak dengan energi (baterai/ per/ pegas/ dorongan
tangan)
|
|
5.
|
“Sikat gigi bergerak dengan dorongan tangan atau dengan
mesin?”
“Jika sedang mandi dengan gayung, berarti gayung
bergerak dengan energi apa?”
Guru memberi
penguatan, “Bagus”
|
“Dorongan tangan”
“Dorongan
tangan”
|
6.
|
“Siapa yang tadi pagi mandi sendiri?”
“Coba kalian praktikkan saat mandi dengan gayung dan
sikat gigi yang benar!”
|
“Saya”
Satu per
satu siswa mendemonstrasikan cara mandi dengan gayung dan cara sikat gigi
yang benar.
|
7.
|
Guru
melakukan pengamatan terhadap kegiatan siswa dengan lembar pngamatan
|
|
8.
|
Guru
mengajukkan pertanyaan setelah beberapa siswa mendemonstrasikan cara mandi
dan sikat gigi.
“Nah, tadi
sudah ada 12 anak yang mempraktikkan cara mandi dengan gayung. Berarti ibu
guru mempunyai 12 gayung sekarang, kemudian 6 gayungnya ibu bawa pulang. Sisa
berapa gayung yang masih disekolah?”
“Kemudian
lagi, tadi sudah ada ada yang praktik gosok gigi 14 anak, yang belum bisa
gosok gigi dengan benar sebanyak 3 anak. Berati yang benar ad berapa anak?”
|
“6 gayung”
“11 anak”
|
9.
|
Guru
memberikan contoh gosok gigi dan mandi yang benar.
|
|
10.
|
Untuk
kegiatan pemantapan guru guru
menunjukkan kembali gambar sesorang yang mandi. “Coba amati gambar didepan
sekali lagi!”
(Gambar)
Guru
membimbing siswa membuat kesimpulan dengan pertanyaan pengriring”
“Apa yang
digunakan Dino untuk mandi?”
“Gayungnya
bergerak dengan menggunakan dorongan tangan atau mesin?”
“Setelah
mandi kemudian gosok gigi, gosok gigi
menggunakan apa?”
“Agar
sikat giginya bergerak maka sikat gigi membutuhkan tenaga mesin atau dorongan
tangan?”
“Tadi jika
ada 12 gayung, ibu ambil 6 gayung masih berapa?”
“Kemudian anak
yang sudah maju mempraktikkan gosok gigi kedepan sebanyak 14, yang belum bisa
3 anak, jadi yang bisa tinggal berapa?”
|
Siswa
mengamati gambar
“Gayung”
“Dengan
dorongan tangan”
“Sikat
gigi”
“Dorongan
tangan”
“6 gayung”
“11 anak”
|
11.
|
Guru
memberikan umpan balik dan penguatan positif secara lisan terhadap kinerja
siswa
|
|
12.
|
Guru
menutup pelajaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar